Jakarta, ldiijakbar: Untuk menyiapkan ketahanan pangan masyarakat khususnya warga Jakarta Barat, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) adakan pelatihan wirausaha kemandirian bagi Santriwati Ponpes LDII Baitul Muttaqien Cengkareng melalui pelatihan diversifikasi olahan pangan hasil ternak.

Pelatihan kemandirian bagi para santriwati sangatlah penting sebagai bekal saat nanti lulus mondok merwka sudah memiliki bekal usaha. Sehingga diharapkan dengan diadakan pelatihan ini nantinya para santriwati tidak lagi bergantung kepada orang lain, karena sudah punya bekal untuk mandiri.

Demikian disampaikan Hj.Chomsiatun dari Sudin KPKP atau yang akrab disapa Ibu Atun, saat membuka acara pelatihan diversifikasi olah an pangan hasil ternak di halaman masjid Baitul Muttaqien Cengkareng Jakarta Barat, Kamis, 16/9/2021.

Dalam pembukaanya Ibu Atun berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan pelatihan diversifasi olahan pangan hasil ternak oleh Sudin KPKP Jakarta Barat bisa meningkatkan peluang berwirausaha terutama bagi ibu-ibu.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, warga masyarakat bisa membuka usaha, karena kegiatan ini merupakan pembekalan atau pelatihan untuk ibu-ibu atau kaum wanita khususnya agar bisa mengolah makanan dari hasil ternak. Dari pelatihan ini tentu diharapkan ibu-ibu bisa me.praktekkan dan bisa menjadi ladang usaha,” ujarnya singkat.

Kegiatan yang bertemakan ‘Melalui Pelatihan Diversifikasi Olahan Pangan Hasil Ternak kita Tingkatkan Peluang Berwirausaha’ ini diikuti oleh peserta ibu-ibu diwilayah Cengkareng Timur.

“Target sasarannya adalah kaum ibu-ibu atau wanita sebanyak 250an orang, namun karena kondisinya masih PPKM, agar tetap bisa menjaga prokes, kegiatan ini dibagi menjadi 8kali didelapan wilayah kecamatan se Jakarta Barat, sehingga meski kegiatan ini melalui tatap muka namun tetap memakai protokol kesehatan ketat. Terutama dalam menjaga jarak dan memakai masker,” ujar bu Atun.

Acara diversifikasi olahan pangan hasil ternak Sudin KPKP Kota Adm Jakarta Barat yang bertempat di halaman Masjid Baitul Muttaqien LDII Cengkareng yang ditutup oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Kota Adm Jakarta Barat tersebut dihadiri oleh ketua DPD LDII Jakarta Barat, H.Jasa Dermawan, Sekretaris Akh.Achirudin, ketua DKM Masjid Baitul Muttaqien, serta pengurus Pondok Pesantren.

Dalam sambutan penutupnya, Kepala Suku Dinas KPKP Kota Adm Jakarta Barat, Iwan Indriyanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LDII yang selama ini sudah dan selalu membantu pemerintah khususnya dalam hal ketahanan pangan masyarakat.

“Saat ini KPKP juga sedang menyiapkan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat dalam hal ketahanan pangan, terkait dengan hal itu kami terima kasih kepada LDII yang selalu terus membantu pemerintah,” ujar Iwan.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua DPD LDII kota Adm Jakarta Barat, H.Jasa Dermawan kaitanya dalam hal ketahanan pangan, selama ini pendampingan terhadap greendhouse hidroponik dari KPKP sangat bermanfaat untuk warga jamaah masjid dan pondok pesantren. H.Jasa Dermawan berharap agar kerjasama kemitraan terus terjalin.(fin).