Jakarta, 20/7/2021 : Pemotongan hewan kurban dimasa pandemi covid-19 mengundang kekhawatiran banyak pihak akan terjadinya lonjakan secara besar-besaran sehingga terjadi klaster baru. PPKM yang diterapkan oleh pemerintah adalah upaya untuk menekan melajunya angka penularan covid-19. Demikian disampaikan Kepala Suku Dinas (Ka Sudin) KPKP Kota Adm Jakarta Barat, Iwan Indrianto saat mengadakan sidak pemotongan hewan kurban di masjid Baitul Muttaqien Cengkareng Jakarta Barat,20/7/2021.

“Terkait dengan pelaksanaan ibadah kurban disaat diberlakukannya PPKM, pemerintah menurunkan seluruh aparat terkait untuk pengawasan dalam pelaksanaan ibadah idul adha mulai dari pelaksanaan sholat hingga pemotongan hewan kurban. Pengawasan ini semata-mata agar tidak terjadi klaster baru dan tidak menjadi makin meluasnya pandemi covid-19, namun demikian setelah melihat dari dekat, pelaksanaan pemotongan hewan kurban di masjid LDII ini sudah memenuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar, mudah-mudahan setelah dilakukan upaya ini, tidak ada yang terpapar covid akibat ini,” ujar Iwan.

Iwan Indriyanto, Kasudin KPKP kota Adm Jakarta Barat yang ikut bersamanya anggota dewan dari komisi B DPRD DKI, Mili, Pada kunjungan ke masjid LDII di Cengkareng Jakarta Barat, mengapresiasi atas pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang dilakukan oleh LDII. Selain memenuhi protokol kesehatan, tempat dan panitianya sangat memenuhi standar.

Hal senada juga disampaikan oleh Mili, anggota DPRD DKI komisi B yang ikut hadir mendampingi Kasudin KPKP.

Sementara itu, wakil ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Barat, H.Sutardi selaku tuan rumah pada kunjungan tersebut menyampaikan bahwa Kepala Suku Dinas KPKP Iwan Indriyanto yang turut memeriksa dan hadir dilokasi, dan anggota Dewan DPRD DKI dari Komisi B, mengapresiasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang dilakukan oleh LDII, selain seluruh panitianya memenuhi prokes dengan terlebih dulu di semprot desinfectan seluruh tempat, juga tempatnya luas dan tidak berkerumun, ini yang menurut mereka LDII sangat baik.

“Sebelumnya, lokasi steril, karena di jaga oleh keamanan, lokasinya di semprot desinfectan, kemudian panitia pelaksana diperiksa dari termogan hingga masker serta jumlah yang dibatasi. Meski sapi yang dipotong cukup banyak, namun karena sudah beepengalaman, acara pemotongan dan pembagian daging bisa selesai jam 13.00,” jelas H.Sutardi, wakil ketua DPD LDII Jakarta Barat.

Alhamdulillah dari pihak kecamatan, lanjut H.Sutardi juga membantu menurunkan Satpol PPnya untuk menjaga keamanan. Termasuk dari sudin kesehatan yang turun memeriksa hewannya, semua dinyatakan aman dan berjalan lancar.(fin).