Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, (Foto : Fin)

Jakarta (12/7). Idul Adha dan kurban adalah salah satu dari tiga ibadah yang diutamakan. Namun dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, kemaslahatan umum harus dikedepankan. Demikian dikatakan KH. Chriswanto Santoso ketua umum DPP LDII yang siap mendukung kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama, yang mengatur teknis penyelenggaraan kurban.

H.Sutardi ST. Wakil Ketua DPD LDII Jakarta Barat,( Foto : Ist)

“Bagi umat Islam, selain salat lima waktu dan haji, Idul Adha dan kurban merupakan ibadah yang diutamakan. Saat Covid-19 masih merajalela, pelaksanaan kurban diatur sedemikian rupa agar tidak memunculkan klaster baru,” ujar KH Chriswanto Santoso, Jakarta Senin, 12/7/2021.

Warga di zona merah pada wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menurut Chriswanto, sebaiknya mematuhi imbauan pemerintah demi kemaslahatan umum.

“Menjaga satu sama lain saat wabah, itu adalah ibadah yang besar pahalanya. Inilah salah satu bentuk jihad dalam memerangi wabah penyakit,” Ujarnya.

Selanjutnya, Chriswanto  mengingatkan, bahayanya gelombang kedua wabah Covid-19 akibat mutasi virus yang lebih menular dan juga lebih berbahaya.

“Dengan demikian, pemerintah mengatur agar tidak terjadi kerumunan dalam salat Idul Adha,  dan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH),” tutupnya.

Arahan DPP LDII yang ditindaklanjuti disetiap kepengurusan DPD kota/Kabupaten diseluruh Indonesia, termasuk oleh DPD LDII Kota Adm Jakarta Barat, mendapat apresiasi oleh Walikotanya.

Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, mengapresiasi hal tersebut setelah disampaikan kepadanya tentang sikap LDII atas adanya Surat Edaran Kemenag dan Gubernur.

“Dalam menyikapi Surat Edaran, Pemerintah, tentang solah idul adha dan pemotongan hewan qurban khususnya, DPD LDII Jakarta Barat mengikuti arahan DPP yang insa Allah sudah sejalan dengan kebijakan pemerintah, bahkan, bila RPH terbatas, pemotongan diatur di ruangan terbuka dengan melibatkan sedikit orang agar bisa jaga jarak. Pembagian daging juga nanti diantar kerumah-rumah waga oleh sukarelawan LDII agar tidak terjadi antrean,” Jelas H Sutardi, Wakil Ketua DPD LDII kota Adm Jakarta Barat menirukan apa yang disampaikan KH Chriswato Santoso, ketua umum DPP LDII.

Menyikapi Surat Edaran (SE) nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat, H.Sutardi, wakil ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Barat siap melaksanakan arahan.

“Semua demi kemaslahatan bersama untuk menekan wabah Covid-19 dan mengurangi jumlah pasien Covid-19. Ia menegaskan umat Islam memiliki kewajiban berjihad memberantas Covid-19, salah satunya dengan mengikuti surat edaran dari Kementerian Agama. Untuk itu kami akan meneruskan surat edaran tersebut untuk memperkuat imbauan DPP, kepada PC dan PAC diseluruh wilayah Kota Adm Jakarta Barat,” tegasnya. (Fin).