Tanaman kangkung hidroponik ponpes baitul muttaqien cengkareng(foto: ai)

Jakarta, Ldiijakartabarat.com: Dalam menyiapkan generasi yang mandiri, Pondok Pesantren Baitul Muttaqin Cengkareng yang merupakan binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), menggandeng Baznas melatih para santrinya untuk bercocok tanam secara hidroponik.

Memanfaatkan lantai kosong diatas masjid, para santri Baitul Mutaqin dengan bimbingan ustd.Achmad Akhirudin relawan Baznas berbasis masjid menanam sayur mayur secara hidroponik bantuan Baznas.

“Sabtu atau Minggu 21-22/11/2010, Green House Kita akan panen sayuran Kangkung, Insya Allah ada 120 lobang atau pot. Dan insya Allah dalam waktu 10 hari setelah panen perdana kita bisa panen kembali selama 2kali dari awal panen, untuk tanaman selain kangkung masing 1 bulan lagi,” ujar AI,(ach.akhirudin biasa dipanggil).

Dari hasil panen ini rencananya akan di jual dipasar, sehingga ada perputaran uang, lanjut AI.

“Intinya adalah mendidik memberi pembekalan kepada para santri agar memiliki kemandirian, dari sini bisa diperoleh ketrampilan bercocok tanah dan bisnis. Disamping itu, inilah cara LDII dalam rangka menciptakan ketahanan pangan keluarga, dimulai dari masjid kita bangun perekonomian warga masyarakat,” jelas AI.

Pada panen perdana nanti rencananya akan dihadiri oleh kepala Sudin KPKP kota Adm Jakarta Barat.(fin).